Mendekatkan Diri Dengan Budya Jawa Di Museum Tembi Rumah Budaya

Sebagai salah satu yang mendapat julukan Kota Budaya, Kota Yogyakarta memiki kekayaan budaya yang tersebar di penjuru Jogja. Sebagai pusat kebudayaan, kota ini memiliki tempat-tempat yang menyimpan beragam kebudayaan yang ada di dalam museum. Museum-museum ini dibangun untuk menyimpan dan melestarikan benda budaya yang ada dari duku hingga sekarang. Salah satu museum budaya yang ada di Jogja adalah Museum Tembi Rumah Budaya yang didirikan oleh sebagai satu kesatuan dengan Tembi Resort.

Museum Tembi Rumah Budaya merupakan sebuah museum budaya yang menyimpan berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan budaya Jawa. Tempat ini diresmikan pada 21 Oktober 1999 yang bermula dari Lembaga Studi Jawa dan kemudian pindah ke lokasi yang sekarang. Museum ini menjadi satu bagian dengan Tembi Resort yang merupakan salah satu resort yang ada di Jogja.

Di Museum Tembi Rumah Budaya, pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam benda-benda koleksi yang disimpan dengan baik di museum ini. Koleksi museum terdapat sekitar 3000 benda yang terdiri dari keris, tombak dan pedang. Tedapat pula koleksi berupa wayang kulit, buku sastra kuno antara lain Babad Tanah Jawi, Babad Sundayana, Babad Mangkir, dan koleksi liannya. Ada pula koleksi berupa batik dengan berbagai motif.

Lokasi Museum Tembi Rumah Budaya:

Museum Tembi Rumah Budaya berada Dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DIY. Lokasinya berada di luar Kota Jogja jika datang mengunakan kendaraan pribadi memerlukan waktu sekitar 30  menit untuk sampai ke museum ini. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan berbagai koleksi museum bisa datang ke tempat ini dengan kendaraan pribadi atau sewa mobil. Jika datang dalam rombongan besar dapat sewa bus di Jogja dan menjadikanya paket wisata murah Jogja.

Tiket dan Jam Buka Museum Tembi Rumah Budaya:

Museum Tembi Rumah Budaya buka setiap hari Senin hingga sabtu, Minggu dan hari libur nasional tutup. Di museum ini buka pada pukul 08:00 hingga 16:00 WIB pada hari Sabtu tutup pukul 14:00 WIB. Tiket masuk museum gratis untuk wisatawan.

Tips Wisata Di Museum Tembi Rumah Budaya:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk berkeliling museum.
  2. Pakailah sandal atau sepatu yang enak dipakai berkegiatan museum.
  3. Abadikan setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Jangan merusak fasilitas di museum ini.
  5. Jagalah kebersihan kawasan museum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *