Menilik Sejarah Badan Pemeriksa Keuangan Di Museum BPK Magelang

 

Di luar Daerah Istimewa Jogja terdapat banyak kawasan yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menambah ilmu pengetahuan dan sejarah. Salah satu kawasan yang terkenal dengan objek-objek wisatanya adalah Kota Magelang. Kota ini memiliki beberapa objek wisata andalan seperti Gunung Tidar, Makam Kiai Langgeng, Museum Bumi Putera 1928, dan objek wisata lainnya. Salah satu destinasi wisata di Kota Megelang yang sering dikunjungi adalah Musem BPK yang sering dikunjungi oleh para pelajar dari dalam maupun luar daerah.

Museum BPK Magelang merupakan sebuah museum yang mana dibangun untuk mengabadikan dan mendokumentasikan seluruh kegiatan dari badan yang diberi tanggung jawab untuk memeriksa keuangan negara ini. Dibangun pada tahun 1993 – 1998, museum ini juga diharapkan mampu menambah wawasan kepada para pengunjung mengenai fungsi dan peran BPK untuk Indonesia. Dipilihnya Magelang sebagai lokasi museum ini karena kota ini merupakan tempat dididirikannya BPK.

Saat tiba di lokasi wisatawan melihat berbagai macam koleksi mengenai sejarah dan juga perkembangan BPK dari tahun ke tahun. Museum ini memberikan informasi yang detail mengenai segala hal tentang BPK. Terdapat berbagai macam koleksi di dalam museum ini antara lain buku, grafika, abstraksi, etnografika, replika, serta tidak ketinggalan terdapat pula beberapa miniatur. Banyak pengunjung yang datang ke museum ini khususnya mereka yang menyukai wisata sejarah dan museum.

Lokasi Museum BPK Magelang:

Museum BPK Magelang berada di Jalan Pangeran Diponegoro, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di Kota Magelang dan jika datang dari Kota Jogja diperlukan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk tiba di museum ini memakai kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke museum ini dapat sewa mobil agar lebih gampang. Jika datang dalam jumlah besar dapat pula sewa bus wisata di Jogja dan menjadikanya paket wisata murah Jogja.

Tiket dan Jam Buka Museum BPK Magelang:

Museum BPK Magelang buka setiap hari Senin hingga Sabtu dan hari Minggu serta hari libur nasional museum tutup. Museum BPK buka pada pukul 09:00 hingga 15:00 WIB. Tiket masuk kasawan ini gratis alias tidak dipunggut biaya.

Tips Wisata Museum BPK Magelang:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dipakai di berwisata di museum.
  2. Pakailah alas kaki yang enak berjalan kaki mengelilingi museum.
  3. Jangan lupa memotret setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Jangan merusak fasilitas di museum ini.
  5. Jagalah kebersihan kawasan wisata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *