Mengenal Burung Kuau Raja

Mengenal Burung Kuau Raja

Gejluk sanaji – Burung kuau raja ialah jenis burung yang ukuran tubuhnya besar. Tidak cuma memiliki ukuran besar sekali saja, namun burung ini mempunyai bulu yang motifnya bundaran-bundaran seperti dalam mata. Dan untuk warnanya tampak cerah dan berbintik-bintik keabu-abuan.

Ditambah lagi saat bulu ekornya di kembangkan menambah kecantikan burung tersebut. Oleh karena itu, Carolus Linnaeus burung kuau raja ini dinamakan ilmiah oleh Carolus Linnaeus. Argus sendiri pun adalah jenis burung raksasa dengan mata seratus pada mitologi Yunani.

Burung Kuau Raja atau Kuau Besar ini bahkan juga sudah diputuskan menjadi “Fauna Identitas dari Propinsi Sumatera Barat”. Namun jenis burung memiliki ukuran besar dan berbulu indah ini adalah salah satunya burung langka yang berada di Indonesia itu diakibatkan adanya penangkapan menggunakan senapan angin contoh gejluk sanaji yang sering di gunakan. Jadi jangan pernah membiarkan beberapa pemburu liar menangkap jenis burung cantik ini.

Burung kuau raja atau kuau besar yang memiliki nama latin Argusianus argus ini dalam dikenal juga menjadi Great Argus di bahasa inggris.Lalu untuk bahasa lokal, burung yang di Indonesia hidup di pulau Sumatera dan Kalimantan ini tidak cuma diketahui menjadi “kuau” . Namun pun seringkali di panggil ‘kuang’.

Ciri ciri burung Kuau Raja yakni memiliki ukuran besar. Burung jantan yang telah dewasa dapat mempunyai panjang s/d 2 mtr. dari sisi kepala sampai sisi ekor. Lantas untuk yang betina kira-kira cuma 75 cm dengan ekor serta bulu sayap lebih pendek.Berat badannya dapat sampai 10 kg lebih. Ciri ciri burung kuau raja yang sangat ciri khas yakni ada dua helai bulu ekor yang panjangnya dapat sampai 1 mtr.

Bulu badan kuau raja warna dasarnya kecoklatan dengan bulatan bintik bintik yang cerah. Kulit pada seputar kepala serta leher pada burung jantan biasanya tidak ada bulu serta berwarna kebiruan.

gejluk sanaji

Dibagian belakang kepala burung betina ada juga bulu jambul yang lembut. Warna sisi paruhnya kuning pucat serta sekitar lubang hidung berwarna kehitaman.Iris matanya merah. Warna kaki kemerahan serta tidak ada taji. Nada dari Burung Kuau Raja pun terdengar keras, dengan begitu dapat terdengar dari jarak lebih dari 1 mil.

codeorchestra.com Kuau raja hidup pada permukaan tanah. Walau burung yang memiliki ukuran besar ini dapat terbang jarak pendek, namun potensi mereka untuk lari juga dipandang begitu baik.Tidak cuma itu saja, burung kuau raja pun miliki penciuman dan pendengaran yang begitu tajam, berikut yang membuat burung ini sulit ditangkap. gejluk sanaji

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *