Tips Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal yang Mudah Dijalankan

Budidaya ikan patin di kolam terpal adalah salah satu cara mengembangbiakan ikan patin di kolam buatan yang terbuat dari plastik terpal. Ini adalah salah satu cara pengembangbiakan ikan yang cukup populer karena mudah di lakukan dan modalnya juga tidak banyak. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang mudah di pelihara dan di kembang biakan.

Pilihan tepat melakukan budidaya ikan patin di kolam terpal. Dengan mengetahui tips membudidayakan ikan patin di kolam terpal dan menerapkannya, ikan patin Anda lebih sehat dan hasil panennya pun banyak.

Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal

Tips Penting Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal

Untuk mendapatkan ikan patin yang sehat dan hasil panennya melimpah, ikutilah beberapa tips budidaya ikan patin di kolam terpal di bawah ini.

1. Memilih Bibit Ikan Patin dengan Benar

Semua berawal dari bibit. Jika bibit ikan patin sudah jelek tentu hasilnya juga tidak baik. benih memiliki efek yang cukup besar pada hasil panen nantinya. Benih ikan patin selama nanti perkembangbiakan di lakukan akan mempengaruhi pertumuhan, kesehatan ikan, kesenangan ikan. Tentunya jika menggunakan bibit yang kurang unggul bisa saja di tengah proses perkembangbiakan di lakukan ikan mati atau hanya tumbuh dalam ukuran kecil. maka dari itu penting memperhatikan benih ikan patin. Pastikan Anda memiliki benih unggul nomor satu atau kelas satu untuk memastikan bahwa ikan Anda memiliki kekuatan, daya tahan dan kesehatan terbaik.

2. Perhatian Gerakan Ikan

Tak berhenti hanya memilih bibit ikan patin yang unggul, pilihlah bibit patin kelas satu yang bergerak lincah dan pastikan juga benih patin memiliki bentuk dan kerangka tubuh lengkap. Dengan memperhatikan kerangka dan gerakan yang lincah bisa di ketahui bahwa ikan tersebut sehat dan bugar.

3. Ukuran Biji Bibit Ikan

Dalam memilih bibit ikan patin, penting juga melihat ukuran biji. Benih yang memiliki ukuran dan panjang yang sama bisa di artikan bahwa benih satu dengan yang lainnya perkembangannya relatif rata.

4. Ukuran Kolam dan Potensi Ikan yang Ditangkap

Setelah memilih benih, faktor lain yang perlu di perhatikan adalah jumlah benih di setiap kolam. Perhatikan baik-baik jumlah benih di setiap kolamnya. Karena jika kurang jeli dalam perhitungan perkembangan ikan patin bisa terhambat.

Ikan patin merupakan salah satu ikan yang mudah di budidayakan. Salah satunya dengan menggunakan terpal. Untuk mendapatkan hasil panen maksimal dan ikan patin dalam keadaan sehat, ikutilah beberapa tips budidaya ikan patin di kolam terpal di atas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *