Mengapa Sih Seorang Calon Ibu Bisa Hamil Tanpa Gejala?

Saat positif dinyatakan hamil, Anda mungkin sudah berekspektasi akan mengalami gejala kehamilan yang sering dirasakan oleh ibu hamil lainnya. Mual, muntah, payudara membengkak, serta keram perut sudah Anda antisipasi kedatangannya. Namun, bagaimana jika Anda ternyata hamil tanpa gejala? Berikut ini adalah alasan yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi.

  • Setiap Ibu Hamil Memiliki Gejala Kehamilan yang Berbeda

Anda dan teman Anda kebetulan hamil pada waktu yang hampir sama. Bedanya, saat teman Anda sudah merasa kelelahan karena morning sickness, Anda masih merasa baik-baik saja dan tak merasakan tanda kehamilan. Anda sama sekali tak perlu merasa khawatir, karena kondisi ini normal terjadi dan bukan hanya Anda sendiri yang mengalaminya.

Walau sama-sama hamil, tidak menjamin bahwa gejala yang dirasakan para ibu hamil akan otomatis sama. Bahkan, gejala pada saat kehamilan pertama dan kedua bisa saja sangat berbeda. Jika Anda kebetulan tidak harus dipusingkan oleh morning sickness di setiap paginya, ya bersukur saja. Hal terpenting, Anda sudah memastikan dengan dokter bahwa Anda dan janin baik-baik saja.

  • Anda Terlalu Cepat Mengantisipasi Datangnya Gejala Kehamilan

Dilansir dari momjunction.com, ibu hamil tanpa gejala di usia kehamilan yang masih sangat muda, merupakan hal yang lumrah terjadi. Jika Anda kebetulan mengetahui kehamilan lebih awal, usia kehamilan sekitar empat hingga enam minggu, jangan langsung mengantisipasi gejalanya muncul. Kondisi ini normal kok terjadi dan bukan Anda saja yang mengalaminya.

  • Hormon Dalam Tubuh Anda Sudah Stabil

Gejala kehamilan muncul karena adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Hormon yang tidak stabil ini biasanya akan membuat Anda sering merasa mual, muntah, dan emosi yang naik turun. Namun, bila tubuh Anda beradaptasi dengan perubahan hormon secara cepat, perubahan yang terjadi akan terasa tak begitu kentara, Alhasil, Anda pun tak begitu menyadarinya.

  • Perubahan Gejala Pada Tiap Usia Kehamilan

Tahukah Anda kalau pada tiap usia kehamilan, gejala kehamilan juga berkemungkinan berbeda? Pada trimester pertama, mungkin Anda merasakan mual dan sering pusing. Memasuki trimester kedua, gejala itu bisa saja hilang dan digantikan oleh gejala lain seperti kaki yang membengkak dan nyeri punggung. Jadi, jangan langsung panik karena gejala tertentu tak lagi muncul.

  • Anda Menganggap Gejala Kehamilan sebagai Hal Biasa

Anda bisa saja tak menyadari gejala kehamilan yang sudah muncul, karena Anda sering mengalaminya. Misalnya saja, keram yang disertai dengan munculnya flek, tentu sering Anda alami pada masa awal menstruasi. Jadi, Anda sama sekali tak mengambil pusing jika hal tersebut terjadi. Anda menganggap itu hal yang biasa dan tidak berpikir bahwa itu merupakan tanda kehamilan.

Sebagai seorang calon ibu, kondisi hamil tanpa gejala normal Anda alami. Hal paling penting, Anda selalu rutin memeriksakan kesehatan Anda dan janin pada dokter kandungan. Selain itu, Anda juga bisa meminta pendapat pada dokter spesialis kandungan di orami.co.id, atas kondisi yang Anda alami. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda merasa panik dan mengambil kesimpulan sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *