Beriwisata ke Museum Benteng Vredeburg Jogja

Berwisata sekalian meningkatkan wacana riwayat indonesia di Jogja, Museum Benteng Vredeburg tempatnya. Berada di sekitar jantung kota Yogyakarta persisnya disamping utara Kraton Yogyakarta. Bangunan yang berdiri semenjak 1765 ini jadi satu diantara cagar budaya.

Museum Benteng Vredeburg
Museum Benteng Vredeburg

Bangunan bersejarah yang berdiri diatas tanah ± 2100 m² ini dahulunya adalah benteng pertahanan. Benteng Vredeburg jadi saksi perjuangan rakyat menantang penjajah. Di tahun 1985 Benteng Vredeburg berubah manfaat jadi museum. Di dalam museum ini ada banyak peninggalan riwayat berbentuk realia ataupun tiruan.

Mengunjungi setiap sudut Jogja dengan tempat wisatanya yang keren abis, tidak ada salahnya kamu menggunakan jasa travel agent wisata dari Trip Jogja untuk melakukan perjalanan wisata selama di Jogja. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cek di website mereka di https://tripjogja.co.id.

Harga Tiket Museum Benteng Vredeburg

Harga ticket masuk yang ditawarkan begitu ramah dikantong. Pengunjung akan dipakai cost pada Rp. 2000 sampai Rp. 10.000.

Jam Buka Museum Benteng Vredeburg

Bila bertandang ke Museum yakinkan tidak untuk hadir di hari senin. Museum ini tutup di hari senin serta Idul Fitri/Adha.

Hari Selasa – Kamis : 07.30 – 16.00 WIB
Hari Jum’at – Minggu : 07.30 – 16.30 WIB

Baca juga : Daftar Bakpia Jogja Yang Enak Banget

Kegiatan Menarik Di Museum Benteng Vredeburg

Museum bersejarah ini makin bereksperimen untuk menarik ketertarikan pengunjung. Lewat program – program yang ditawarkan sekarang museum ini jadi tempat favorite beberapa anak serta remaja.

Pengunjung sekarang dapat mengambil aplikasi Artefak menjadi tips waktu bertandang ke museum. Dengan aplikasi ini pengunjung dapat menelusuri diorama ke diorama sekalian scan koleksi.

Di museum ini aplikasi cuma dapat dipakai di Diorama II serta Diorama III. Cukup dengan scan barcode yang tercantum pengunjung akan terima info hasil scan.

Koleksi Diorama Museum Benteng Vredeburg

Saat masuk museum, pengunjung akan disuguhi beberapa koleksi diorama. Ada 4 diorama yang dipamerkan, diantaranya;

Diorama I : Terbagi dalam 11 minirama yang memvisualisasikan momen periode Pangeran Diponegoro sampai waktu pendudukan Jepang di Yogyakarta.

Diorama II : Terbagi dalam 19 minirama yang memvisualisasikan momen riwayat proklamasi kemerdekaan sampai dengan agresi militer Belanda di Indonesia

Diorama III : Terbagi dalam 18 minirama yang memvisualisasikan momen penjanjian Renville sampai pernyataan kedaulatan Republik Indonesia Serikat.

Diorama IV : Terbagi dalam 7 minirama yang memvisualisasikan momen riwayat periode Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai pada saat Orde baru.

Sarana Museum Benteng Vredeburg

Sarana yang ada di museum cukuplah komplet untuk jamin kenyaman pengunjung. Toliet bersih, musala, ruangan audio visual, kantin, sampai kafe.

Alamat Museum Benteng Vredeburg

Museum bersejarah ini ada di dalam kota Yogyakarta. Tempatnya tidak ada jauh dari Keraton Yogyakarta persisnya di Jl. Jend. A. Yani No 6, Yogyakarta 55224, Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *