Cara Budidaya Udang Cepat Panen yang Simpel dan Jitu

Budidaya udang air tawar bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Apalagi di Indonesia yeng memiliki suhu terbilang hangat, Budidaya Udang Cepat Panen terbilang tidak sulit. Udang sangat senang hidup di tempat yang lumayan hangat, sehingga Indonesia menjadi tempat tepat untuk usaha budidaya udang.

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Mississippi State University budi daya udang yaitu mulai dari pembibitan hingga dewasa dan memasarkannya memiliki potensi yang menguntungkan.

Budidaya udang

Kualitas Kolam Budidaya Udang

Agar produksi udang berhasil, menghasilkan udang yang sehat, besar dan enak, Anda harus memperhatikan kualitas kolam Anda. Biasanya petambak udang air tawar tidak mendapatkan hasil yang baik pada tambak yang baru digali karena tidak cukup pasokan makanan di tambak untuk udang-udang. Dengan kata lain, pada tambak baru yang baru di gali, belum ada cukup plankton ataupun hewan-hewan lain yang menjadi sumber makanan udang.

Udang vaname, wundi, atau jenis udang lainnya kebanyakan memakan larva serangga dan ganggang, yang tidak tumbuh pada tahun pertama setelah menggali kolam. Bagi Anda yang pemula, sebaiknya buatlah kolam terlebih dahulu dan biarkan hingga makanan alami udang anda. sementara menunggu, Anda dapat membeli udang di tempat penetasan atau pembibitan udang. Tidak sulit mencari tempat penetasan dan membeli udang remaja Anda.

Pemilihan lokasi dan desain kolam

Memilih lokasi untuk di jadikan kolam udang. Meskipun banyak petani yang mengali tanah lalu di buat kolam udang, Anda juga bisa memanfaatkan kolam renang, tangki besar atau kolam terpal yang terbuat dari bambu sebagai tempat kolam ikan. Tetapi perlu di ingat bahwa kolam alami yang menghasilkan makanan udang alami adalah yang terbaik. Selain makanan yang di perlukan aliran air tawar yang alami juga di perlukan oleh udang. Perhatikan juga kadar oksigen pada kolam, pastikan ari kolam memiliki oksigen yang cukup.

Gunakan air yang bersih dan berkualitas baik untuk kolam udang Anda. Anda bisa memanfaatkan aliran sungai, embung atau waduk untuk memberikan aliran air alami untuk pada udang. Tentu kualitas sumber air perlu di perhatikan juga.

Hindailah lokasi-lokasi yang mudah terkena banjir. Ini menyebabkan udang mudah hanyut dan kualitas air juga kurang bersih. Pilih lokasi yang jauh dari pabrik atau aktivitas rumah tangga. Ini agar kolam udang terhindari dari bahan dan senyawa kimia berbahaya. Udang sangat sensitif dengan pestisida, polutan, pupuk kimia, maka dari itu hindarilah.

Dalam Cara Budidaya Udang Cepat Panen ada dua hal penting untuk di perhatikan yaitu lokasi pembudidayaan dan kualitas air.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *