Langkah Penting Memilih Bibit Ikan Lele Unggul

Memilih bibit ikan lele unggul meruapkan tahapan pentung untuk usaha budidaya yang berhasil. Saat ini budidaya ikan konsumsi termasuk salah satu peluang usaha yang mulai banyak dilakukan orang. Selain rasanya yang enak untuk dijadikan aneka resep masakan di rumah, ikan air tawar juga mengandung banyaak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Ada banyak cara budidaya ikan air tawar yang bisa dilakukan, baik dengan memanfaatkan halame an rumah yang terbatas, di aliran sungai, ataupun dengan kolam buatan. Bahkan Anda pun bisa menyediakan media tong bekas aspal yang tak terpakai untuk usaha ternak ini.

Bibit Ikan Lele

Tips Memilih Bibit Ikan Unggul

Taahaappan paling penting dalam usaha budidaya ikan lele yang berhasil adalah dengan memilih benih lele yangg berkualitas. Adapun pertimbangan dalam memilih benih atau bibit lele unggul adalah sebagai berikut:

1.Kesehatan bibit ikan lele

Amati benih dari ukuran tubuh yang seimbang antara kepala dan tubuhnya, warna tubuhnya yang cerah dan mengkilap, tidak menggantung dan bergrombol di pojok kolam.

2.Keseragaman dari ukuran benih

Ikan lele adalah termasuk jenis hewan kanibal, jika Anda memilih benih atau bibit ikan lele yang memiliki ukuran yang tidak seragam antara benih satu dengan yang lainnya maka benih yang besar akan memakan yang kecil/lemah.

3.Keturunan dari induk yang bagus dan berkualitas

Sebaiknya Anda menanyakan lagsung apakah bibit ikan ini pernah sakit apa tidak? jika ikan lele pernah sakit, tanyakan bagaimana cara penanganannya apakah dia menggunakan antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau perlakuan teknis saja.

4.Pilihlah bibit atau benih yang telah mengantongi sertifikat CPIB

Sebaiknya Anda memilih bibit ikan lele yang sudah mendapatkan sertifikat CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik). Oleh karna itubisa dipastikan bahwa bibit ikan lele tersebut berasal dari induk yang unggul dan telah menerapkan proses pembenihan ikan yang baik dan bagus.

Demikian dari penjelasan kami tentang tahapan penting dalam budidaya ikan air tawar sehingga dapat menghasilkan ikan lele yang berkualitas. Semoga artikel tentang cara memilih bibit ikan lele ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *