Seperti Ini Cara Menggunakan Tensimeter Manual (Tensi Aneroid)

Tekanan darah merupakan salah satu parameter kesehatan yang cukup berpengaruh terhadap kondisi kesehatan manusia. Tekanan darah justru berbahaya apabila dibiarkan, terlebih lagi ketika usia menginjak 40 tahun ke atas. Oleh karena itu, sejak dini kita harus memperhatikan hal ini mulai dari sekecil mungkin. Apa itu ? Mengecek tekanan darah setiap saat.

cara menggunakan tensimeter manual

Tekanan darah dapat diketahui dengan menggunakan alat ukur tekanan darah yang dikenal dengan tensimeter atau dalam istilah kedokteran spygmomanometer. Alat ini dijual bebas di pasaran, anda bisa membelinya di toko atau distributor alat kesehatan yang anda sukai.

Dan sekarang, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menggunakan alat ukur tekanan darah (tensimeter) jenis manual atau yang sering disebut dengan tensimeter aneroid (jarum).

Langkah – langkah menggunakan tensimeter Aneroid

  • Siapkan tensimeter yang sudah anda beli tadi, kemudian kalau perlu anda lebih baik menggunakan stetoskop untuk memudahkan analisanya
  • Kedua, pasang manset di lengkan kiri anda untuk mempermudah anda mengukur diri anda sendiri
  • Pastikan anda telah mengenakan manset dengan benar
  • Kemudian, pasang stetoskop di di telinga anda dan tempelkan kepala stetoskop di lengan bagian dalam dimana denyut nadi sangat mudah terdengar. Untuk memudahkannya, selipkan pada manset
  • Pegang bola tensi dengan tangan kanan, pastikan katup pelepas udara dalam posisi tertutup.
  • Tempatkan manometer (jarum penunjuk tekanan) pada posisi dimana anda dapat dengan mudah melihatnya.
  • Pompa udara masuk ke manset hingga jarum menunjuk angka 180 mmHg, kemudian putar katup pelepas tekanan hingga udara keluar dengan perlahan.
  • Perhatikan turunnya jarum manometer dan dengarkan dengan seksama kapan pertama kali anda mendengar denyut nadi paling keras. Nah catat itu sebagai tekanan sistol
  • Dengarkan terus hingga suara itu hilang, kapan suara itu sudah tidak bisa anda dengar lagi maka catat sebagai diastol.

Anda bisa mengulanginya berkali – kali untuk membuat anda yakin dengan hasil pengukuran anda. Anda bisa konsultasikan kepada petugas medis dan memintanya untuk memandu anda dalam proses pengukuran. Sekian artikel kali ini tentang cara menggunakan tensimeter  manual, semoga bermanfaat !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *