Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah

Setiap orang tentu tidak pernah mengharapkan bayinya terlahir secara prematur, termsuk anda bukan ? Namun ketika hal ini terjadi pada seseorang, lakukan yang terbaik adalah solusinya. Nah, berikut ini tips atau langkah – langkah yang bisa kita lakukan untuk merawat bayi premtur di rumah. Dan lagkah ini juga yang dilakukan petugas medis di rumah sakit.

Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah

cara merawat bayi prematur

# Menggunakan Inkubtor Bayi

Inkubator Bayi merupakan alat kesehatan yang paling umum digunakan untuk merawat bayi prematur. Meskipun demikian, tidak semua bayi prematur dirawat di dalam inkubator bayi. Jika anda merawat bayi premature di rumah, anda bisa saja membeli alat inkubator bayi sederhana dengan harga yang murah dengan fitur standar.

# Meniru Mama Kanguru

Metode mama kanguru yaitu menggendong bayi dengan memasukkan bayi ke dalam baju. Hal ini bertujuan untuk menghangatkan badan bayi karena bersentuhan dengan kulit ibunya. Dengan metode ini juga akan membuat bayi merasa tenang dengan mengenal ibunya dari aroma, sentuhan, detak jantung dan lainnya.

# Menyusui Secara Teratur

Bayi premature dan bayi normal sama – sama membutuhkan asupan makanan secara teratur. Terlebih lagi bayi prematur. Umumnya disusui sebanyak delapan hingga sepuluh kali sehari. Lakukan dengan teratur dan jangan sampai telat. Hal ini agar berat badan bayi tidak berkurang.

# Sebaiknya Jauhkan Dari Orang Sakit

Bayi sangat rentan dengan penyakit, terlebih lagi untuk bayi prematre yang sedang tumbuh kembang. Tentunya jangan sampai terkena penyakit. Oleh sebab itu, batasi orang – orang yang datang untuk melihat bayi anda. Apalagi, orang yang sedang sakit. Bila sang ayah sedang sakit, jangan tidur satu ruangan dengan si bayi. Hal ini dapat mencegah bayi dari penyakit.

# Imunisasi Teratur

Seperti bayi – bayi normal lainnya, bayi prematur juga harus dan perlu dilakukan imunisasi secara teratur sesuai dengan jadwal. Ikuti jadwal imunisasi sesuai dengan jadwal bayi normal yang cukup bulan.

# Perhatikan Posisi Tidur Si Bayi

Ingat ! Jangan lupa perhatikan posisi tidur si bayi. Usahakan bayi anda tidur dalam keadaan terlentang, jangan biarkan miring atau malah tengkurep. Hal ini agar bayi terhindar dari sindroum kematian bayi mendadak yang sering terjadi pada bayi prematur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *