Kreasi Sosis dan Baso Tempe yang Nikmat Bergizi

Makanan sosis dan baso tempe merupakan bentuk kreasi makanan yang juga inovatif. Selain mudah membuatnya, makanan unik ini rasanya sangat nikmat dan bergizi tinggi. Cocok untuk alternatif lauk pauk bernutrisi tinggi untuk anak-anak dan keluarga.

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang bernutrisi tinggi. Makanan ini ternyata banyak manfaatnya karena berfungsi sebagai penyedia gizi yang paling terjangkau bagi masyarakat kita, khususnya yang berpenghasilan rendah.

Cara Membuat Baso Tempe

Selain harga bahannya yang murah, cara membuat baso tempe juga mudah. Makanan yang unik ini juga bisa dijadikan produk yang layak untuk dijual loh. Yuk langsung simak saja langkahnya di bawah ini.

bakso tempe

Bahan yang diperlukan antara lain 500 gram tempe, terigu, daging tenggiri, telur ayam, garam, lada, bumbu merah, dan keju.

Untuk cara membuat baso tempe adalah sebagai berikut:

  1. Kukus tempe.
  2. Campurkan semua bahan, lalu aduk sampai merata.
  3. Setelah itu bentuk adonan membulat.
  4. Panaskan minyak, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.

Resep Sosis Tempe Special Herbal

Kreasi olahan tempe selanjutnya adalah resep sosis tempe special herbal. Makanan yang biasanya dibuat dari daging sapi ini juga cocok dibuat dari tempe. Apalagi cara bikinnya juga gampang kok. Yuk langsung simak saja.

Bahan yang dibutuhkan terdiri dari 250 gram tempe kukus dihaluskan, 250 gram ayam giling, 100 gram es batu, 100 gram minyak kulit ayam, bawang putih 1 siung, 2 sdt garam, 1 sdt micin, 1 sdt lada, 1/2 sdt ge (pengenyal alami dari tumbuhan dari india), 1/2 sdt cengkeh, lada, kayu manis, 50 gram sagu, 1/2 buah paprika hijau potong kotak kecil-kecil, 1 lembar rumput laut, dan 25 gram keju diiris kecil

Untuk cara membuat sosis tempe special herbal adalah sebagai berikut:

  1. Campur semua diblender.
  2. Campurkan adonan yang sudah diblender dengan ditambahkan paprika, rumput laut, dan keju.
  3. Kukus dengan api kecil selama 10 menit dari air mendidih sambil buka tutupnya.
  4. Dihidangkan bersama chip potatoes, buncis, wortel.

Itulah tadi beberapa kreasi resep masakan rumahan berupa makanan sosis dan baso tempe yang gampang cara bikinnya, lezat rasanya, namun bergizi tinggi yang semoga bermanfaat ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *