Fibrilasi Ventrikel : Pengertain, Penyebab & Cara Penanganan !

Ada banyak kondisi yang dialami manusia khususnya permasalahan kesehatan. Penyakit jantung salah satu contohnya. Ada banyak sekali jenis penyakit jantung yang didasarkan pada penyebabnya. Sebut saja vibrilasi ventrikel yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Pengertian Fibrilasi Ventrikel

Jantun manusia terdiri dari dua ruangan yaitu ventrikel dan atrium. Masing – masing terdapat dua buah bilik. Bagian ventrikel jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga apabila terjadi gangguan, resikonya cukup besar. Vibrilasi ventrikel adalah satu kondisi dimana jantung bergetar secara cepat, acak dan kondisi ini jantung tidak dapat memompa darah.

Penyebab Fibrilasi Ventrikel

Pada dasarnya fibrilasi ventrikel dapat terjadi apabila terdapat gangguan pada kelistrikan jantung. Gangguan ini dapat disebabkan karena sebagai berikut :

  • Tersengat listrik
  • Penyakit kelainan jantung bawaan
  • Serangan Jantung
  • Kelainan otot jantung

Dan lain sebagainya yang mempengaruhi kondisi kesehatan jantung. Penyakit ini terjadi umumnya pada usia 45 tahun hingga 75 tahun.

Penanganan Fibrilasi Ventrikel

Pada saat kondisi ini terjadi, maka jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Bila hal ini terjadi cukup lama, maka sel – sel akan mati karena tidan mendapatkan suply oksigen. Oleh sebab itu, fokus penanganan untuk kondisi ini yaitu menjaga darah tetap mengalir ke seluruh tubuh.

Penanganan pertama perlu dilakukan resusitasi atau sering disebut dengan CPR. Yaitu sebuah tindakan memompa jantung dari bagian luar tubuh agar darah tetap mengalir ke seluruh tubuh sehingga sel – sel tetap mendapatkan pasokan oksigen.

Penanganan selanjutnya yaitu menggunakan sebuah ala tmedis yang sring disebut dengan defibrillator. Alat ini juga dikenal dengan istilah alat kejut jantung atau alat pacu jantung. Alat ini bekerja dengan memberikan sengatan listrik pada seseorang yang mengalami Fentrikel Vibrillation

Pengobatan dan Pencegahan

Penyakit jantung ini memang terdapat banyak metode dalam hal pengobatan dan juga pencegahan agar penyakit seperti ini tidak terjadi lagi. Diantaranya yaitu dengan obat – obatan secara teratur, operasi kateterisasi jantung,  dan juga pemasangan alat pacu jantung portable yang terpasang di tubuh pasien.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *