Langkah Mudah Cara Membuat Pakan Ayam

Terkadang banyak masyarakat yang justru ingin membuat pakan ayam sendiri sebagai komoditi penting tumbuh kembang ayamnya. Langkah membuat pakan ayam ini selain mampu meningkatkan produktivitas telur tentunya juga mampu menghemat angaran pakan sebesar 50%. Tak heran jikalau banyak orang yang justru condong dengan alternatif ini dibanding membelinya.

Nah bagi Anda yang memiliki ayam petelur barangkali ulasan pada artikel ini dapat menjadi solusi dalam meraup benefit yang besar. Pasalnya pada kesempatan kali ini kami memiliki tips membuat pakan ayam petelur yang baik dan benar dengan kandungan gizi maksimal. Penasaran bagaimanakah caranya? Inilah penjelasanya untuk Anda.

Cara Membuat Pakan Ayam

Cara Membuat Pakan Ayam

Yuk langsung simak ulasan tentang cara membuat pakan ayam yang mudah di bawah ini.

1. Sebelum mencampurkan seluruh bahan, upayakan untuk menjemurnya terlebih dahulu selama 1-2 minggu lamanya. Seperti Jagung giling, tepung ikan, kacang tanah, bekatul, sorgum, singkong, dedek padi, ampas tahu, ampas kelapa, ampas kedelai serta limbah pertanian dan rumah tangga.

2. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu kesatuan hingga merata. Nah untuk hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan mesin penghalus atau penggiling.

3. Nah setelah seluruh komponen bahan tercampur dengan merata, jemurlah kembali adonan tersebut selama 1 hingga 2 hari lamanya. Langkah membuat pakan ayam pada proses ini bertujuan untuk mendapatkan tingkat kekeringan yang maksimal.

4. Karena proses pengeringan membutuhkan tenaga sinar matahari, untuk mempercepatnya Anda bisa menggunakan terpal lebar untuk mengelar adonan tersebut secara merata’supaya cepat kering.

5. Jika adonan pakan ayam yang Anda jemur sudah dipastikan kering, maka masukkan kedalam ember hingga keseluruhan elemen tergabung menjadi satu kesatuan kembali. Bila perlu Anda bisa menambahkan suplemen khusus untuk meningkatkan produktivitas telur.

6. Nah pakan siap untuk digunakan. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa mencampurnya dengan sedikit air dan aduklah secara merata sebelum menyajikannya.

Nah demikianlah penjelasan terkait cara membuat pakan ayam yang baik dan benar untuk mendapatkan ayam petelur maksimal dengan benefit yang melimah pula dan semoga artikel ini dapat memberi solusi sekaligus wasasan baru bagi Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *