Resep Membuat Cemilan Makaroni

Cemilan berbahan makaroni seperti makaronik kriuk asam manis pedas dan makaroni panggang ini enak untuk cemilan terutama buat anda yang suka pedas. Apalagi cara bikin resep cemilan ini  gampang banget.

Resep Makaroni Kriuk Asam Manis Pedas

Bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain 1/2 buah tomat, 250 gram macaroni, 2-3 sdm air asam jawa, 4 sdm gula merah, 3 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 1 sachet bon cabe, sedikit garam, dan minyak untuk menggoreng.

resep makaroni

Sedangkan langkah untuk cara membuat cemilan ini adalah sbb:

  1. Terlebih dahulu macaroni dicuci lalu digoreng hingga matang dan kriuk.
  2. Selanjutnya ulek atau blender bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga halus dan tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Siapkan wadah lain dan seduh asam dalam 1/4 gelas air panas sambil diaduk. Tambahkan juga gula merah yang disisir lalu diaduk hingga tercampur.
  4. Masukan bon cabe, gula merah, garam, dan air asam jawa tersebut ke dalam tumisan sambil diaduk terus hingga airnya berkurang dan tidak banyak keluar asap lagi. Setelah itu matikan kompor.
  5. Selanjutnya masukan macaroni yang sudah digoreng lalu aduk rata.
  6. Jadi deh..dan sajikan saja.

Resep Makaroni Panggang

Bahan yg dibutuhkan antara lain 1 bungkus makaroni (227gr), corned beef 1/2 kaleng, 50 gram mentega, 50 gram tepung terigu, 50 gram bawang bombay, 500 cc susu, 3 butir telur ayam, 125 gram keju parut atau parmesan, 100 gram daging asap dipotong kecil, 1/2 sdt pala halus, 1/2 sdt merica halus, dan 1 sdt garam.

Untuk cara membuat makaroni panggang aalah sbb:

  1. Air dimasak hingga matang dan tambah sedikit garam. Setelah itu rebus makaroni hingga matang lalu tiriskan dan siram dengan air dingin sambil menambahkan mentega sedikit agar lengket.
  2. Selanjutnya tumis bawang bombay hingga harum lalu masukkan tepung terigu dan diaduk hingga rata. Tuangkan susu dan masak hingga mendidih sambil diaduk sampai licin.
  3. Tambahkan juga corned beef, daging asap, keju parut, dan macaroni sambil diaduk hingga rata. Tambahkan juga pala, garam, dan merica sambil diaduk lalu angkat dari atas kompor.
  4. Selanjutnya masukkan telur campur dan aduk rata lalu pindahkan ke dalam pinggan tahan panas yang telah diolesi margarine lalu ratakan dan taburkan keju parut.
  5. Setelah itu panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius sekitar setengah jam sampai permukaan makaroni matang dan berwarna kuning kecokelatan. Lalu angkat dan sajikan di piring sajian.

Itulah resep cara membuat cemilan makaroni yang semoga bermanfaat ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *